logo
sipp-payakumbuh radius biaya perkara fb payakumbuh email-payakumbuh Foto Album Video Album
sipp
sipp
sipp
sipp

Pengadilan Agama Payakumbuh Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Apr2019

Kategori : Berita Pa. Payakumbuh
Post By Admin Update : 10 - Apr - 2019

Payakumbuh, April 2019

Bertempat di ruang sidang utama seluruh Pimpinan, Hakim dan Aparatur Pengadilan Agama Payakumbuh mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dilingkungan Pengadilan Agama Payakumbuh. Pencanangan tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh disaksikan oleh Walikota Payakumbuh bersama unsur FORKOPIMDA Kota Payakumbuh. Hadir dalam kesempatan tersebut Kajari Payakumbuh, Kapolres Kota Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, dan Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh. Turut menyaksikan dalam acara pencanangan tersebut Kepala BNN dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh.


Acara tepat dimulai pukul 09.30 Wib dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan Pencanangan dan Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh dengan disaksikan oleh Walikota Payakumbuh bersama unsur FORKOPIMDA Kota Payakumbuh.
Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh dalam sambutannya menyampaikan bahwa adanya pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dilingkungan Pengadilan Agama Payakumbuh menunjukan tekad bahwa seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Agama Payakumbuh siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Saat ini Pengadilan Agama Payakumbuh telah melaksanakan beberapa kegiatan yang pada pokoknya adalah upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), sidang keliling dan itsbat terpadu, dan pelayanan berperkara secara cuma-cuma (prodeo) baik prodeo melalui DIPA Pengadilan Agama Payakumbuh maupun Prodeo Murni.

Begitu juga dalam pelayanan pembayaran biaya perkara, saat ini masyarakat tidak perlu lagi membayar biaya perkara ke Kantor Bank Syariah Mandiri yang berjarak lebih kurang 5 Km dari Kantor Pemngadilan Agama Payakumbuh. Masyarakat telah dapat membayar biaya perkara kepada petugas Bank Syariah Mandiri yang telah ditempatkan menyatu dengan ruang PTSP Pegadilan Agama Payakumbuh berkat kerjasama antara BSM dengan Pengadilan Agama Payakumbuh. Bagi Masyarakat yang telah mempunyai ATM BSM juga dapat membayar biaya perkara secara mandiri lewat HP Andoit dengan mempergunakan aplikasi QR BSM Payakumbuh.

Bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh, saa ini Pengadilan Agama payakumbuh juga telah melakukan inovasi pelayanan yang diberinama “SICECE URUS KAKEKU” (siap cerai cepat urus kartu keluarga). Artinya bagi masyarakat yang telah keluar akta cerainya secara langsung pada hari itu juga keluar Kartu Keluarga dan KTP baru dengan adanya perubahan identitas. Inilah bentuk-bentuk inovasi dan peningkatan pelayanan yang telah dijalankan oleh Pengadilan Agama Payakumbuh, kata Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh.

Sementara itu Walikota Payakumbuh dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Ketua Pengadilan Agama Payakumbuh bersama jajarannya yang telah mencanangkan pembangunan zona integritas ini. Ini adalah amanat Undang-Undang kata Walikota. Semoga dengan adanya pencanangan ini pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi.


Acara yang dipandu oleh Winda Oktavia, S,Kom ini berakhir pada pukul 11.00 Wib dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Drs. H. Surisman serta foto bersama Walikota dan Unsur Forkopimda Kota Payakumbuh.