logo
sipp-payakumbuh radius biaya perkara fb payakumbuh email-payakumbuh Foto Album Video Album

PA Payakumbuh Meraih Penilaian A Excellent dalam Akreditasi Penjaminan Mutu

Jul2018

Kategori : Berita Pa. Payakumbuh
Post By Admin Update : 17 - Jul - 2018

Balikpapan, 13 Juli 2018 – Pengadilan Agama (PA) Payakumbuh berhasil meraih hasil A Excellent dalam penilaian Sertifikasi dan Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM). Penyerahan sertifikat dilaksanakan pada kegiatan pembinaan SAPM Peradilan Agama di Balikpapan, Kalimantan Timur 13 Juli 2018 lalu. Bertempat di Borneo Ballroom, Hotel Novotel, sertifikat diserahkan langsung oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof, Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H.

Di lingkungan Peradilan Agama, SAPM dilaksanakan oleh Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia. Di tahun 2018, PA Payakumbuh mendapatkan kepercayaan untuk mengikuti penilaian akreditasi eksternal oleh Pengadilan Tinggi Agama Padang.

SAPM merupakan sebuah usaha penerapan sistem manajemen mutu dalam lingkungan peradilan yang digagas oleh Mahkamah Agung sejak tiga tahun berjalan ini. SAPM bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para pengguna peradilan. Sebagai sebuah sistem manajemen mutu, SAPM sebetulnya memiliki kecenderungan untuk membukukan prosedur-prosedur yang sudah ada di lingkungan internal peradilan. Sebagian kecil pekerjaan SAPM saja yang menghasilkan sebuah dokumen baru.

Sebagai sebuah sistem manajemen mutu, PA Payakumbuh dituntut untuk secara konsisten menerapkan SAPM. “PA Payakumbuh dijadwalkan untuk melaksanakan external surveillance kembali pada Juli tahun depan. Pengawasan oleh pihak eksternal tersebut dibutuhkan untuk memastikan bahwa program SAPM tidak hanya sebatas sebuah program yang ‘sekali dan sudah’,” tutur Roli Wilpa, S.H.I., M.Sy., Ketua SAPM PA Payakumbuh.

Memang raihan A Excellent tersebut adalah tugas berat. Sebagai permulaan, hasil tersebut adalah representasi raihan pemenuhan 85% lebih dari persyaratan yang ada di SAPM. Tidak main-main, karena PA Payakumbuh ternyata hampir secara sempurna memiliki sistem manajemen mutu. Sebagai konsekuensi, sistem manajemen mutu tersebut haruslah tercermin dalam kualitas layanan yang ada di PA Payakumbuh.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua PA Payakumbuh, Drs. Lazuarman, M.Ag., yang secara langsung menerima sertifikat di Balikpapan. “Yang menjadi tugas kita selanjutnya adalah untuk menjaga prestasi ini. Prosedur-prosedur yang sudah diperbaiki melalui SAPM ini harus dipatuhi dan dilaksanakan sebagai panduan mekanisme kerja internal maupun pemberian layanan kepada pihak eksternal,” tutur Drs. Lazuarman, M.Ag. saat penyampaian Sertifikat di Aula Utama PA Payakumbuh kepada Ketua SAPM.