logo
sipp-payakumbuh radius biaya perkara fb payakumbuh email-payakumbuh Foto Album Video Album
sipp
sipp
sipp
sipp

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester 1 Tahun 2019

Jun2019

Kategori : Informasi Publik
Post By Admin Update : 2019-06-27 09:54:25

Sebanyak 170 orang telah berpartisipasi dalam survei kepuasan masyarakat yang diselenggarakan Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas 1B sejak Februari hingga Mei 2019. Survei dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Hasilnya, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap PA Payakumbuh adalah 90.00 atau masuk kategori A (Sangat Baik).


Untuk menentukan jumlah populasi dan sampel, Tim Surveyor Kepuasan Masyarakat PA Payakumbuh menggunakan tabel Krejcie and Morgan
“Hasil survei ini harus kita kaji, sebagai bahan pengambilan kebijakan,” ujar Ketua PA Payakumbuh Drs. Lazuarman, dalam rapat tinjauan manajemen, menindak lanjuti laporan Tim Survei kepuasan Masyarakat, Senin (12/06/2019) pagi.


Survei Kepuasan Masyarakat diselenggarakan PA Payakumbuh untuk tahun ini meningkat dari hasil survei tahun 2018, hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan pelayanan dan penilaian kekurangan terhadap masyarakat sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu (quality assurance) secara berkelanjutan.


Survei dilaksanakan oleh Tim Surveyor Kepuasan Masyarakat yang dibentuk Ketua PA Payakumbuh. Setelah terbentuk, tim ini menyusun instrumen survei, menentukan besaran dan teknik penarikan sampel, menentukan responden, melaksanakan survei, mengolah hasil survei, dan menyajikan serta melaporkan hasil survei.


Secara demografi, mayoritas responden berusia 20-50 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berpendidikan terakhir Strata 1, berasal dari suku Minang dan bekerja sebagai PSN dan pegawai swasta.


Hasil Survei menunjukkan msyarakat menilai mayoritas adalah terhadap Perilaku Petugas Pelayanan (3,97%). Setelah itu, berturut-turut ialah Kualitas Sarana Prasarana (3,83%), Keseuaian Produk Pengadilan (3,81%), Keseuaian Persyaratan Pelayanan (3,62%), Penanganan Pengaduan Layanan (3,62%), Kemudahan Prosedur Layanan (2,75%), Kecepatan Waktu Pelaynan (3,39%) dan ewajaran Tarif Layanan (3,25%).


Menurut Ketua Tim Penjaminan Mutu PA Payakumbuh itu, layanan-layanan lainnya memang sudah baik. Meski demikian, seluruh layanan itu harus terus ditingkatkan, agar kepuasan masyarakat terhadap PA Payakumbuh semakin meningkat setiap tahunnya, demikian ungkap Drs. H. Surisman selaku Koordinator Survei Kepuasan Masyarakat PA Payakumbuh.