logo payakumbuh made by me.png

Written by Super User on . Hits: 77

PEMBINAAN OLEH YML. KETUA PTA. PADANG MENGAWALI HARI KERJA PASCA LIBUR LEBARAN 1445 H

 68.a

Payakumbuh, [17/04/2024]. Aparatur Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas IB mendapat kebahagian yang tak berhingga karena Yml. Dr. H. Abd. Hamid PulunganKetua PTA. Padang melaksanakan pembinaan pada Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas IB di hari pertama masuk kerja pasca cuti bersama hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Pembinaan dilaksanakan oleh Yml. Ketua PTA. Padang selama 2 hari mulai tanggal 16 sampai 17 April 2024.

Hari pertama pembinaan, Yml. Ketua PTA. Padang langsung meninjau ruang PTSP, beliau memberikan wejangan dan arahan kepada petugas PTSP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memastikan sarana dan prasarana PTSP lengkap agar masyarakat nyaman berurusan di Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas IB. Selanjutnya meninjau ruang sidang, ruang mediasi, ruang kesekretariatan dan kepaniteraan sambil memberikan arahan kepada para pejabat struktural dan fungsional terkait tupoksi masing-masing.

Hari kedua pembinaan, seluruh aparatur Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas IB menghadiri pertemuan tatap muka langsung dengan Yml. Ketua PTA. Padang di ruang media center tepat pukul 08.00 WIB. Beliau mengapresiasi atas kedisiplinan aparatur Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas IB yang telah hadir tepat waktu.

Dalam pembinaannya Yml. Ketua PTA. Padang menyampaikan tujuan dilaksanakan pembinaan ke seluruh satuan kerja di wilayah Sumatera Barat adalah agar terciptanya Pengadilan Agama di Sumatera Barat yang berprestasi dan modern. Langkah yang dilakukan untuk membangun Pengadilan Agama di Sumatera Barat agar berprestasi dan modern adalah Pengadilan Agama harus konsen dalam pelaksanaan pembangunan Zona Integritas dengan menitikberatkan pada 6 area. Pada area manajemen perubahan menekankan perubahan pola pikir dan budaya kerja. Setiap aparatur harus merubah pola pikir yang selama ini ingin dilayani maka harus berfikir memberikan pelayanan yang prima. Dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat harus menerapkan 7S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat dan solutif). Apabila pola pikir telah berubah maka selanjutnya yang harus berubah adalah budaya kerja. Perubahan budaya kerja ini erat sekali dengan disiplin jam kerja, mulai masuk kerja, istirahat dan pulang sesuai jadwal serta aturan izin keluar kantor. Apabila pola pikir dan budaya kerja telah berubah maka jadikanlah sebagai suatu kebiasaanatau sudah membudaya. Janganlah berubah karena ada sesuatu atau kepentingan tertentu saja tetapi memang sudah kesadaran dan keterbiasaan kita melaksanakannya, ungkap bapak melek IT tersebut.

Selanjutnya perubahan pada area penataan tata laksana yaitu meningkatnya efisiensi dan efektivitas implementasi sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur di unit kerja. Seluruh aparatur diharapkan bekerja sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan serta prosedur kerja yang telah ditetapkan. Kemudian meningkatnya kualitas implementasi sistem manajemen SDM dan terwujudnya profesionalisme SDM aparatur pada unit kerja. SDM yang profesional bekerja sesuai prosedur akan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja unit kerja.

Yml. Ketua PTA. Padang menyampaikan bahwa pada area penguatan pengawasan, apabila kita kurang setuju terhadap suatu kebijakan yang dibuat oleh pimpinan hendaklah sampaikan dengan baik, jangan disampaikan melalui surat, laporan, pengaduan dan lainnya. Seorang pimpinan yang bijak segera menjawab keluhan yang disampaikan oleh bawahannya dan segera mencarikan jalan keluarnya. Begitu juga jika terdapat laporan dan pengaduan dari masyarakat hendaklah segera ditindaklanjuti dengan memberikan jawaban yang baik agar masyarakat puas.

Gold Zona Integritas adalah peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan menerapkan standar pelayanan publik dengan baik, diharapkan penyelenggaraan pelayanan publik dapat menghasilkan kepuasaan masyarakat sebagai pihak yang menerima pelayanan. Dalam penyelenggaraan pelayanan publik, penyelenggara dituntut untuk menerapkan prisnsip efektif, efisien, inovasi dan komitmen mutu. Karena orientasi dari pelayanan publik adalah kepuasan masyarakat, masyarakat mendapatkan pelayanan sesuai dengan apa yang diharapkan atau bahkan melebihi dari harapan masyarakat. Di samping itu kesekretariatan sebagai suporting unit menyediakan sarana dan prasarana pelayanan publik.

Sebagai pamungkas pembinaan, Yml. Ketua PTA. Padang menyampaikan penggunaan Teknologi dalam melaksanakan tugas. Zaman telah berubah ke era digital sehingga data disajikan berupa elektronik, oleh sebab itu SDM Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas IB dituntut melek IT untuk menciptakan berbagai inovasi yang memberikan kemudahan dalam menunjang tupoksi masing-masing bagian.

“Diharapkan seluruh aparatur Pengadilan Agama Payakumbuh Kelas IB hendaklah profesional dan berintegritas tinggi dalam bekerja agar penilaian kinerja triwulan I tahun 2024 memperoleh nilai terbaik”, ujar Yml. Ketua PTA. Padang mengakhiri pembinaannya.  

68.b. ok

68 c

RA

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Payakumbuh

Jl. Soekarno Hatta No. 214 

Kota Payakumbuh 

Sumatera Barat

Telp: 0752-92603 
Fax: 0752-7970992 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

 instagram  pa.payakumbuh
 icons8 facebook 48  pengadilan agama payakumbuh
 icons8 youtube 48  pengadilan agama payakumbuh
Tim IT Pengadilan Agama Payakumbuh @ 2021